Kabut menyelimuti Kairo, hawa dingin terasa menusuk menembus pori-pori kulit. Tak seperti biasa hari biasa, sekarang-lah hari kemanangan itu, hari saling menunjukkan kasih sayang, hari istimewa, seperti cerita Ibrahim yang diperintahkan oleh ALLAH untuk mengorbankan anaknya Ismail.

Suara takbiran dari komputer mem-bangun-kan ku. Anjrit blom shalat subuh mana udah jam 5.30. Aku kemudian beranjak dari tempat tidur, wudhu trus ganti baju kemudian shalat subuh (ngak mandi Bro... soalnya lagi musim dingin J).

Takbir masih mengalun dari komputer, segalanya telah selesai, tinggal berangkat ke mesjid trus shalat Aidil Adha. Nah sekarang shalat Idnya di mana neh?, akhirnya semua sepakat shalat di KBRI (kedutaan Besar Republik Indonesia). Jemputan dari KKS jam 07.00, pagi ayo....!!.

Mobil jemputan berangkat 07.30 telat setengah jam. Sampai di KBRI jam 08.00 orang sudah pada shalat. Bersama teman yang datang terlambat, kami ketinggalan satu rakaat. Jadilah hari ini shalat Id’ ku yang pertama selama seumur hidup masbuq. Selesai shalat karena kedinginan akhirnya aku berdiri dari tempat duduk yang cuma beralaskan tikar tersebut. Sedang teman yang lain masih duduk mendengarkan ceramah (maklum orang alim he...). Aku kemudia beranjak duduk di pingir taman samping halaman parkiran KBRI. Sambil mengusap tanganku yang makin kedinginan , tanpa kaos tangan atau jaurab (kaos kaki) dan hanya mengenakan celana Levis ma jaket tipis yang tembus dingin (nyari penyakit emang nih anak).

Rasa-rasanya kaki dan tanganku mengeras seperti es batu, hem..mungkin dinginnya mencapai 8 derajat. Huh.. asap keluar mulut, yah.. mirip eropa lah dikit. Tapi itu bukan penghalang untuk tetap tersenyum, meski kedinginan bin menggigil aku masih sempat tersenyum ma teman yang aku kenal (teman yang nggak aku kenal gimana?), yah.. tetap tersenyum juga lah, kali aja ada yang kecantol jadi korban kan lumayan, mumpung lagi hari raya kurban he he he, tapi ada juga yang aku senyumin eh.. dianya malah manyun, GARING... setengah jam aku tersenyum kok nggak ada yang mendekat minta nomor handphone ya...?.

Karena masih kedinginan, akhirnya aku mendekat, sekedar mencari teman untuk bercerita dan melupakan hawa dingin, tiba-tiba dari belakang seorang yang pastinya aku nggak kenal menawarkan Neskafe panas campur susu. Hah.. ini baru pas hangat.
“Makasih bang”
“Sama-sama Akhi” jawabnya
Orang-nya sopan, dan akhirnya percakapan berlanjut, ceramah tak lagi kami hiraukan (soalnya memang dari tadi suaranya tak kedengaran, sound nya kecil seh...). Ooo ternyata dia dari sumatera selatan (dari sulawesi selatan berapa kilometer ya?). Makaseh banget deh..! wat teman yang kemarin menawarkan Neskafe panasnya he....

Selesai ceramah semua beranjak ke taman KBRI. Di sana sudah tersedia masakan khas Indonesia, mulai dari masakan sabang sampai merauke eh.. maksudnya cita rasa Indonesia lah. Semua berkumpul di taman samping gedung putih KBRI, beberapa teman duduk melingkar, kemudian membuka bungkusan masing-masing.
“nah... ini yang seru dari acaranya KBRI, makan-makannya”

Selesai makan, saya tidak langsung beranjak dari tempat duduk, tapi ngobrol-ngobrol dulu ma teman, sambil menungu teman yang lain selesai makan. Setelah semua selesai makan, salam-salaman ma teman-teman lain, and beranjak pulang.

Duh ...ternyata mobil jemputan yang tadi pagi sudah tidak mencemput untuk pulang lagi (pulangnya naik bus sendiri). Akhirnya ma teman-teman pulangnnya lewat pinggiran sungai NIL, lumayan sambil jalan-jalan.

Tak terasa juga perjalanan setengah dari jarak KBRI ke halte bus-nya dah lewat. Beberapa orang mesir menawarkan kami untuk mampir jalan-jalan di sungai nil loh..?, maksudnya ngajak naik perahu di sungai nil. Lumayan murah seh cuma 2 pound untuk sekali keliling. Yah.. udah teman-teman sepakat untuk naik. Jadilah mampir keliling dulu di sungai NIL.

Selesai jalan-jalan di nil, kembali perjalanan untuk pulang dilanjutkan. 10 menit kemudian akhirnya sampai di halte bus. Anjrit banyak sekali orang Indonesia, kalo Cuma satu bus seh nggak bakalan cukup.

Bus 661 datang. Semua lari mendekat, berlomba mencari tempat duduk. Aku yang tercecer dari teman akhirnya naik dari pintu depan, sedang yang lain naik dari pintu belakang. Nah... dapet tempat duduk agak depan dan paling samping loh.. maksudnya?.

Ada cewek Indonesia yang berdiri di samping saya lagi. Karena nggak enakan duduk terus ada cewek berdiri di sampingku, akhirnya aku lebih milih berdiri trus menawarkan cewek Indonesia itu tempat duduk ku (korbanin dulu temapt duduk nya demi...), eh.. dianya malah nolak,
“makaseh saya nggak sendiri loh berdirinya”
“nggak papa kok duduk aja”aku mempersilahkannya.
Jadi deh saya berdiri, lumayan jauh juga seh tapi harus gimana dari pada duduk trus gelisah and malu-malu ma cewek itu berdiri?, lumayan dapat kenalan baru Brother.

0 Komentar: