Ujian Adalah Cobaan

Jangan pernah berpikir
untuk berbuat seperti ini.

"Jangan pernah menganggap remeh Universitas Al-Azhar".

Pesan tersebut disampaikan oleh salah seorang senior saia waktu pertama kali nyampe di bumi berdebu ini;Egypt. Dan sekarang saya tersadar dan baru benar2 memahami perkataan beliau tadi.

Al-Azhar sungguh penuh dengan tantangan, bukan hanya dari metode kuliah yang membuat kita harus berjuang keras, tapi juga ujian-nya yang sungguh...sungguh...sunggu... SUSAH. Jangan pernah berharap bisa menyontek dalam ujian, goyang dikit aja lu udah bias didamprat keluar ruangan. Maka ketika kita sudah blank, nggak ingat apa2 lagi, mending keluar aja dari pada diruangan saja duduk seperti kambing conge' [teyu;kambing aja nggak usah pake conge'].

Fenomena ujian di Al-Azhar sungguh mengerikan [loh...!!!] contoh-nya:
1. Sekitar dua tahun kemarin ada mahasiswi yang lomcat dari lantai 2 apartemen-nya karena nggak kuat menjalani ujian. [belom dikonfirmasi;jangan percaya].
2. Beberapa mahasiswa menjadi stress karena nggak bisa menjalani ujian dan tidak bisa menerima hasil ujian-nya yang anjlok [asli ini beneran].
3. Ada temen saia yang tidak tidur 2 hari untuk persiapan ujian [ beneran loh].
4. Temen saia langsung sakit;muntah2 [penyakit aneh] setelah menjalani ujian semster selama 3 minggu [suueerrr].
5. Ada mahasiswa yang udah mati2an belajar tapi nggak lulus ujian, dan tentu saja harus nunggu setahun lagi [disini nggak ada istilah perbaikan nilai].

Dan masih banyak fenomena ujian yang lain. Intinya bagaimana pun usaha kerja keras kita belajar dan ketika nanti hasilnya tidak sesuai maka bersabar-lah dan tawakkal-lah. Allah punya rencana yang lebih baik dan lebih indah untuk kita jalani dalam kehidupan kita.

NB: GW gila bukan karena ujian tapi emang dari sono-nya gitu..hihihih...

10 Komentar:

  1. The Armstrong mengatakan...

    Hoaaa mana bisa gw ujian tanpa melihat contekan bung, bisa bisa ngarang abis gw... hahaha... malahan sempat kmaren gw tulis lirik lagunya greenday... hahaha... untung dosennya orang indonesia...

    Tapi keknya gw butuh peraturan kuliah kek disana bung, keknya dengan gitu gw bisa belajar beneran kalo malam ujian.. coz kalo di itung itung gw blom pernah tuh balajar malam kalo ada ujian... paling pagi paginya gw nulis contekan... hahaha...


    Hayoool samnagat ujiannya bung...

  2. aprie mengatakan...

    wah..wah..gak bakalan kenal yang namax contek-menyontek nih...
    siipp!!!
    semangad!!!
    ganbatte!!!!

  3. TEYU mengatakan...

    hahahaha, yang gitu yang serru. aku punya kisahnya tuh waktu di pondok. aku nangis keluar kelas gara2 ngejawab ujian ushul fiqih dengan bahasa indonesia. Padahal harusnya bahasa arab. Pasrah banget deh, benner. Temmen pada kasihan sama aku.

  4. Rien Hanafiah mengatakan...

    "Allah punya rencana yang lebih baik dan lebih indah untuk kita jalani dalam kehidupan kita."

    Ini yg bener!
    semangat Pang...

    jaman dulu saya paling suka ketika ujian tiba, sungguh, bukan karena apa-2, karena saya merasa suntuk belajar terus, pengen cepet ujian, biar bisa tahu sejauh mana pelajaran bisa saya serap...dan sebaiknya hal ini harus saya tularkan padamu...heuheuheu

    eh satu lagi, saya anti nyontek...maluuuu, biar ga bisa juga, ditahan deh, :))

    skinnya ganti nih...

    ujian malah ngutak-ngatik blog, belajar gih...

  5. :::..Passompe..::: mengatakan...

    [armstrong] wakaka,.. iyye bung, kayanya situ emang harus kesini biar nggak nyontek lagi,.. daripada diindo terus make sistem SKS Sistem Kebut Semalam....

    kalo disini make sistem itu, nunggu tahun depan baru bisa lulus...

    Saia dulu waktu SMU juga sering nyontek, tapi skrang udah nggak, bukan karena nggak bisa nyontek, tapi belajar mengukur kemampuan diri. dan setelah hasil ujian turun, saya ternyata nggak lulus..wakakak.. itu artinya tahun depan harus lebih giat lagi...

    doain bung moga sukses...and lulus..Mkasih

    [aprie] iyye bung semangat nih,.. semnagat tidur.....wakakaka...

    [teyu]wakaka.. kalo di pondok sih, nulis pake bhs bugis juga nggak masalah tetep lulus wakakakk...

    [Kak rien] pa kbr kak??lama nggak beredar di dunia maya..?? lebih seneng didunia nyata yah//hihihi...

    kalo disini kalo nyontek malu di damprta keluar.. trus nggak boleh ikut ujian selama setahun...[nah loh..] makanya nggk berani nyontek...

    hehehe,.. iyye mbak ganti skin nya juga karena stress.. ujian.. makanya rada ada pembaharuan gitu....

    Doain yah kak.....

    Salam semua...

  6. Ayu Ambarsari Hanafiah mengatakan...

    waakkss. ipang! gambar nya baguuus!!!

    MINTAAA.
    hhe.

    ntar pas chat kirimin dongs? :)

  7. Don Danang mengatakan...

    Susah banget yah ujian di sana?

    Selamat gila deh. heheheh

  8. ijal mengatakan...

    kalo si fahri di al azhar ampe di penjara tuh... hehehe...

  9. nengDJ mengatakan...

    ampuun paak..iya..nggak ngeremehin kok..aku tetep jatuh cinta ma fahry..halaah

  10. :::..Passompe..::: mengatakan...

    [ibu ayu]iyye, bu nanti dikirim.. mau lewat transfer bank ato lewat wesel pos???

    [dondanang kedondong] ujian sih nggak susah dong[bukan singkatan donki loh] tapi jawab soalnya yang susah..maksudnya gw apa yah??

    [ijal] wkakakaka...

    [neng dj]lain kali kalo ngeremehin lagi, bapak kawinin ma fahri. MAU???!!!