Jangan Jadi Tukang Boong

Jika Kamu berbohong maka hidungmu akan panjang

Kebohongan seperti mata rantai kematian, membunuh secara pelan dan pasti. Mungkin hanya kebohongan kecil yang terucap, tapi untuk menutup kebohongan kecil itu, kita butuh kebohongan lain yang jauh lebih besar. Karena tidak mungkin sesuatu yang kecil menutup dan menyembunyikan yang besar, harusnya yang besar menutupi yang kecil dan itulah kebohongan yang lebih besar.

Seorang anak kecil bisa berbohongan tanpa merasa berdosa kepada orang tua mereka, karena mereka tidak mengerti dampak dari perbuatannya. Seorang siswa bisa berbohong kepada seorang guru, untuk menutupi kesalahannya tanpa berpikir bahwa itu hanya akan membuat keadaan tenang sesaat, belum tentu besok jauh lebih baik. Seorang karyawan bisa berbohong kepada atasannya saat dimarahi, dan hanya berpikir bagaimana dia tetap bekerja dan menerima gaji tepat waktu tanpa berpikir bagaimana memajukan perusahaan yang dia tempati bekerja. Dan seorang pejabat gendut bisa berbohong kepada orang rakyat tanpa pernah merasa berdosa sekalipun.

Sedangkan kujujuran itu bisa merubah segalanya. Merubah yang buruk menjadi baik, meski terkadang sedikit memperburuk keadaan, tapi justru ketika kejujuran itu disembunyikan maka kehancuran yang lebih besar yang akan datang. Kejujuran bisa membuat seseorang menjadi lebih baik. Dan juga bisa membuat seorang laki-laki sejati menjadi seorang pengecut karena tak mampu jujur kepada seorang gadis pujaannya tentang apa yang dirasakannya.

Kejujuran itu adalah otot mental. Orang yang tidak jujur memperlihatkan dirinya bahwa ia orang yang lemah dan tidak bisa berbuat. Jadi jangan pernah berbohong. Apa susahnya sih berkata jujur???

NB: Dedication untuk orang yang selalu menyembunyikan keadaannya hatinya, seandainya dari dulu kamu mengatakan kamu mencintainya maka kamu bisa tidur nyenyak tanpa memikirkan dirinya. He.....

7 Komentar:

  1. Don Danang mengatakan...

    kalo white lies gimana? Boleh gak?

    Oia susah yah jadi orang jujur? Hix

  2. The Armstrong mengatakan...

    Ehmmm loe lagi singgung sapa bung... hahaha...

    Gw jadi ingat ama orang yg sering kite gosipin itu... hahaha...

    Kata kata loe yg ini "Kebohongan seperti mata rantai kematian, membunuh secara pelan dan pasti"... menggigit amat bung... T_T

    Oiyy gw tuh nganggap semua orang teman kecuali satu... pembohong... :D

    tetep semangat bung...

  3. :::..IpanG.::: mengatakan...

    [dongdanang] kadang juga sih ada yang bilang white lies itu nggak papa....tapi kalo sy mending jujur aja dech..hihih..

    [armstrong]tenang aja bung,.. yang gw bicarain ini tentang seseorang yang nyata pernah saya temui. bukan kalian yang saya temui di dunia maya... hehehe...

    iyyah, paling tidak enak emang di bohongin....hehehe

  4. TEYU mengatakan...

    kata siapa? justru karena mengutarakannya jadi malah memperburuk masalah. hehehehe

  5. AnggAngelina mengatakan...

    NB nya bnr2 ngena banget ke saya. hehe... gataw deh itu aselinya wat sapa.. tp sy bnr2 mrasa... hohoho..

  6. :::..IpanG.::: mengatakan...

    [teyu] justru karean tidak pernah jujur jadi tidak ada yang tau hal pasti itu,.. dan tidak akan ada perubahan karena dia tidak tahu isi hatimu... yah kan....

    [angga] wah,.. jadi ibu ini termasuk pemuja rahasia dong??? ayo bu, bukan jamannya lagi skrang cowok harus nembak duluan cewek juga bisa.....hehehe

  7. Amanda mengatakan...

    jujur emang susah ya, apalagi buat anak muda zaman skrg... udah gitu boongnya ke orang tua lagi ckck. Hidup jujur!